Cara Mengatasi Android Yang Lelet

 Cara Mengatasi Android Yang Lelet - Android dewasa ini telah menjadi salah satu Sistem Operasi favorit pengguna handphone setelah iOS, kegiatan manusia setiap harinya tidak lepas dari perangkat android ini, mulai dari belanja, berkomunikasi, social media dan lainnya. oleh karena itu komputeristik kali ini ingin membagikan tips bagi pengguna android agar androidnya tidak lelet atau lemot. Oke langsung saja.





1. Hapus Cache 
Cache adalah penyimpanan sementara pada perangkat android, jumlah cache ini akan terus bertambah, dan itu akan mengambil banyak memori tentu saja setelah itu konerja android kita akan lambat, oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan pembersih cache, salah satu contoh yaitu Clean Master

2. Instal Aplikasi Seperlunya
Kelebihan sistem operasi android memang karena banyak aplikasi yang support di OS tersebut, tetapi ada baiknya jika kita instal aplikasi yang memang kita perlu dan sering kita gunakan, jangan instal aplikais yang tidak penting yang hanya membuang-buang memori, dan sangat jarang kita gunakan.

3. Instal Aplikasi di Memori External
Jika Sahabat tetap ingin menginstal banyak aplikasi pada android sahabat, sebaiknya sahabat menginstalnya di memori external, dengan begitu memori internal bisa memaksimalkan kinerja android sahabat aga loading tidak terlalu lama.

4. Jangan Gunakan Tema
Memang tema yang ditawarkan pada Sistem Operasi android sangat menarik salah satu yang populer adalah Go Launcher Ex, tetapi menggunakan tema sangat banyak memakan memori, terlebih pada android yang memiliki kapasitas RAM kecil, akan sangat terasa lambatnya tentu saja itu membuat kita tidak dan nyaman.

5. Jangan Gunakan Aplikasi Secara Bersamaan
Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan akan mengurangi performa kecepatan RAM, ini akan membuat kinerja android kita menjadi lambat, oleh sebab itu disarankan untuk tidak menggunakan aplikasi secara bersamaan.

6. Nonaktifkan Live Wallpapper
Live Wallpapper atau Wallpapper bergerak selain memboroskan baterai juga memperlambat kinerja andorid, oleh karena itu untuk mengoptimalkan kinerja andorid sebaiknya gunakan gamabr biasa untuk wallpapper, caranya masuk ke menu Setting - Display - dan ganti dengan Gamab Statis

7. Kurangi Menggunakan Widget
Widget merupakan Shortcut dan ikon yang menampilkan informasi realtime pada homescreen android, dengan karakter selalu mengambil dan menampilkan informasi secara realtime. maka dengan semakin banyaknya widget akan berpengaruh pada kinerja android yang akan melambat.

Cukup sekian untuk Cara Mengatasi Android Yang Lelet, jika ingin bertanya silahkan tinggalkan komentar terimakasih.


Blog, Updated at: 18:14

1 komentar:

  1. terimakasih infonya, akan saya coba pada hp android saya, selama ini saya tidak tahu kalau banyak hal yang bisa dioptimalkan untuk mempercepat kinerja android heheh

    ReplyDelete